05/06/13

Mental yang Baik Sebelum Melahirkan


Artikel ini adalah lanjutkan dari tulisan sebelumnya. Sungguh, betapa penting bertawakkal itu. Seseorang yang bertawakkal sepenuhnya kepada Allah Swt. akan mempunyai mental yang baik. Sebab, tawakkal adalah sebuah sikap atau perbuatan yang dilakukan oleh hati; bukan oleh ucapan melalui bibir atau perbuatan anggota tubuh lainnya. Dengan demikian, ketegangan dan kecemasan yang biasanya terjadi ketika seseorang menghadapi kelahiran, sedikit demi sedikit akan terkurangi. Bahkan, bisa juga akan hilang sama sekali, dan segera berganti menjadi ketenangan hati.

Mengapa bisa demikian? Karena di dalam hati orang yang bertawakkal penuh kepasrahan dan bersandar hanya kepada-Nya. Kepasrahan ini menimbulkan optimisme bahwa Allah Swt. akan memberikan yang terbaik kepada hamba-Nya.

Pembaca yang budiman, ketenangan hati ini sungguh sangat penting untuk dimiliki oleh orangtua yang akan melahirkan anaknya, terutama seorang calon ibu. Dengan hati yang tenang, seseorang akan dapat menghadapi tahap demi tahap pada proses melahirkan dengan lebih baik. Hal ini terutama jika seseorang menjalani proses melahirkan secara normal. Kontraksi demi kontraksi yang terjadi, yang sudah barang tentu dibarengi rasa sakit yang teramat, dapat dilalui dengan baik apabila seseorang mempunyai rasa ketenangan hati.

Di sinilah sesungguhnya mengapa bertawakkal sepenuhnya kepada Allah Swt. itu penting untuk dilakukan bagi seorang ibu yang akan melahirkan. Rasa sakit yang dialaminya, yang diberengi dengan sebuah sikap pasrah dan bersandar hanya kepada-Nya, diyakini sebagai sebuah perjuangan atau jihad yang pada setiap detiknya bernilai ibadah. Sungguh, keyakinan yang seperti ini akan membuat seseorang insyâ Allâh dapat melahirkan dengan mudah.

Demikianlah dan semoga bermanfaat untuk kita bersama.

Salam keluarga bahagia,
Akhmad Muhaimin Azzet

12 komentar:

  1. Sekarang memang belajar nggak panikan apalagi kaget2an soalnya takut kalau pas mau melahirkan eh paniknya luar biasa...

    semoga diberi karunia bisa punya anak saya ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Rahmah, tidak panikan memang kita bisa belajar. Dan, sungguh saya mengamini doa tersebut.

      Hapus
  2. bener pak Azzet ketenangan hati memang sgt dibutuhkan menjelang detik2 persalinan spy prosesnya jg bs lbh lancar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan tenang, berdoa pun lebih mantap ya, Mbak Enny Mamito. Makasih banyak ya, Mbak, telah singgah kemari.

      Hapus
  3. belajar sabar ya pak pada saat kontraksi. Saya mengalami sebentar mas akontraksi waktu mau melahirkan anak pertama sambil terus berdoa tapi sayang sore hari dinyatakan harus secepatnya operasi karena bayinya sudah sesak dan tidak bisa bernafas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita memang perlu berusaha ya, Mbak, mengenai hasil berarti mengalir dalam takdir yang indah dari-Nya. Begitu ya, Mbak.

      Hapus
  4. sebagai seorang suami..aku nyimak ya mas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooo... silakan, Mas Ronal, makasih banyak ya, hehe....

      Hapus
  5. ijin nyimak ya gan :)
    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan menyimak gan :)
      Makasih banyak ya... juga atas undangannya....

      Hapus
  6. terima kasih atas infromasi yang sudah disampaikan salam sukse selalu !
    bang muhaimin ! ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah singgah kemari, semoga bermanfaat ya....
      Salam sukses selalu!

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...